-->
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Manfaat Hobi Memancing Untuk Kesehatan Tubuh, Jiwa dan Pikiran


Mengapa orang bisa tergila-gila dengan memancing? Mengapa memancing menjadi hobi tersendiri dan unik bagi mereka? Ternyata banyak manfaat memancing bagi para pemancing mania.


Banyak sebagian orang menyangka bahwa memancing merupakan hal yang sia-sia dan melelahkan. Duduk dan menunggu berjam-jam di pinggiran sungai, kolam, ataupun laut menanti ikan menancap di kail.

Tetapi bagi orang yang hobi memancing, justru itu menjadi hal yang menyenangkan dan menguji kesabaran. Jangan salah, memancing memiliki sisi yang menyenangkan. Anda tidak akan pernah tahu perasaan sang pemancing mania yang merelakan uangnya habis untuk membeli seperangkat alat terbaik untuk memancing. Harga tidak hanya berkisar ratusan ribu, namun sampai jutaan rupiah demi membeli alat pancing. Tidak tanggung-tanggung mereka membeli dengan harga tinggi, meskipun akhirnya hasil tangkapan ikan yang di dapat tidak bisa menyeimbangi harga alat pancing.

Kebahagiaan, kesenangan, dan hobi merupakan suatu rangkaian yang tidak bisa di beli dengan uang. Meski anda mengeluarkan uang seberapa banyak pun, jika tidak bahagia juga tidak berguna. Itulah yang di rasakan pemancing mania. Kepuasan di atas segalanya.

Nah, dibawah ini akan diulas mengenai 11 manfaat hobi memancing untuk kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran. Diantaranya yaitu :

Menyenangkan saat menunggu ikan mengerumuni kail

Pernahkan anda memancing? Jika pada awalnya anda belum menggemari untuk memancing, bagaimana anda paham betapa menyenangkannya saat saat anda menanti ikan ikan berkerumun di bawah kail anda? pemandangan kala ikan mulai menyerbu dan mendekati kail, lalu dengan keterampilan dan keahlian khusus anda menarik alat pancing, bukan berarti anda bisa mendapatkan ikan bisa jadi ikan tetap tersangkut di kail, namun bisa jadi anda kehilangannya. Itulah bagian yang menarik dari memancing. Ikan juga bisa digunakan untuk terapi ikan untuk menjaga kesehatan anda dengan cara biarkan kaki anda di dalam kolam ikan dan dikerumuni oleh ikan agar ikan mengigiti jari kaki anda, hal ini bisa melancarkan sirkulasi darah dan manfaat terpi ikan lainnya.

Termasuk olahraga ringan

Siapa sangka memancing menjadi bentuk olah raga ringan? Benar, hobi memancing selain mengasyikan juga menjadi salah satu bentuk olahraga ringan untuk anda. Di mulai ketika anda melemparalat pemancing, menunggunya sambil relaksasi, lalu menarik alat pemancing dengan kuat yang hanya bertumpu pada satu tuas. Kemudian anda menarik ikan, dan mendapatkan kesenangan tersendiri. Dan salah satu kegiatan ini temasuk olahraga ringan.

Penghilang stres dan penat dunia

Para pemancing mania sudah paham bahwa memancing mampu menjadikannya obat untuk menangkal stres dan kepenatan hati. Anda akan merilekskan pikiran dan hati anda saat menunggu ikan-ikan mengerumuni kail anda. bahkan beberapa orang melakukan hal untuk menunggu ikan dengan banyak cara seperti sambil tidur, mengobrol dengan teman, dan cara lainnya. Ketika anda berhasil mendapat ikan kepuasan yang akan anda dapatkan dan bisa menghilangkan stres dan penat yang terjadi di dalam kehidupan anda.

Melatih kesabaran

Memancing juga menjadi bentuk melatih kesabaran untuk anda. ikan akan mengajarkan anda untuk sabar di setiap langkah dan usaha anda. Membeli alat pancing terbaik, mencari makanan terlezat untuk ikan, dan menunggu ikan merupakan bentuk-bentuk usaha. Setelah itu anda hanya perlu berusaha dan  berdoa agar umpan yang anda lepas di dalam laut, atau danau bisa membuat ikan terperangkap sambil melatih kesabaran anda untuk menunggu ikan yang anda impikan berhasil masuk kedalam perangkap umpan anda.

Menambah relasi sosial

Menunggu ikan terlena dengan kail anda tentu memakan waktu yang tidak sebentar. Selama itu pula, anda hanya akan diam. Tentu jika anda adalah seseorang yang tidak ingin melepaskan pengalaman begitu saja, anda akan membuat relasi sosial. Tentu saja anda di sana tidak sendiri ada para pemancing mania yang ikut memancing dan tidak salah nya jika anda berbagi informasi dan saling bersosialisasi sambil menunggu alat pancing yang anda lemparkan terperangkap oleh ikan.

Berlatih konsentrasi

Melempar umpan untuk ikan-ikan tentu bukan hanya sekedar melempar biasa saja, anda harus konsentrasi untuk melempar umpan ke tempat yang tepat dan melihat tempat dimana kira-kira ikan tersebut bersembunyi dan banyak di kerumuni oleh ikan. Hal ini membantu anda mendapatkan hasil lebih cepat dan memuaskan dalam memancing.

Ajang wisata dan liburan

Pergi memancing tentu saja berarti anda akan mengunjungi tempat tempat yang asyik. Mengapa? Ikan tidak bisa bertahan lama di tempat tempat yang panas, membosankan, dan penuh dengan polusi. Pemancing mania pasti sudah paham tempat mana yang paling nyaman untuk memancing, selain ikannya banyak dan tempat yang sangat cocok untuk istirahat dan menikmati keindahan alam.

Melatih fisik prima

Tempat memancing yang baik tentu bukan hanya di sembarang tempat yang berada di pinggir jalan. Memang beberapa pemancing banyak yang duduk di sana dan menanti ikan. Percayalah, ikannya tak akan sebagus dan seindah ikan yang berada di atas bukit, di samping rerumputan, dan bermata air jernih. Tentu saja tempat ini tidak mudah di temui. Bahkan jika anda kesana, harus memerlukan tenaga ekstra. Disitulah salah satu bentuk latihan fisik primanya.

Salah satu bentuk terapi kejiwaan

Di rumah sakit Scotlandia menjadikan aktivitas memancing menjadi salah satu bentuk terapi kejiwaan untuk pasiennya. Aktivitas yang di lakukan selama memancing cukup membantu orang yang mengalami gangguan jiwa dan mental menjadi tenang. Mereka mengakui bahwa kegiatan memancing juga mampu merangsang otak dengan baik.

Bentuk pengalihan hal negatif

Jika anda merasa memiliki banyak waktu kosong, jangan berpikiran untuk melakukan hal buruk. Cobalah untuk memanfatkan dengan kegiatan ringan namun juga bermanfaat. Salah satunya adalah dengan memancing. Kegiatan ini selain ringan namun juga menyenangkan. Cukup baik menjadi solusi untuk menghindarkan anda melakukan hal buruk.

Mengusir rasa bosan

Selama anda memancing, rasa bosan akan hilang dari diri anda. sebab kegiatan ini di lakukan dengan menyenangkan dan mudah. Dari anda menyiapkan umpan untuk ikan sasaran anda, lalu melempar kail dan menunggunya. Selama itu pula anda akan bertemu banyak orang dengan hobi yang sama. Kemudian ikan incaran anda berhasil di dapatkan.

Nah, itulah 11 manfaat hobi memancing untuk kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran. Ternyata hoby memancing itu punya manfaat yang begitu penting. Selamat mencoba dan rasakan manfaatnya. 
Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa dishare ya. :)

1 comment for "11 Manfaat Hobi Memancing Untuk Kesehatan Tubuh, Jiwa dan Pikiran"

  1. Terimakasih informasinya sangat bermanfaat http://bit.ly/2vplrBi

    ReplyDelete